"Penting!
Link building sangat penting untuk SEO Blog!" Itu adalah statemen yang
benar-harus diteriakkan oleh saya berkaitan dengan usaha peningkatan SEO
blog/website, alasannya sih nanti saja, belakangan. haha.
Jadi, apa itu
link building?
Link building
adalah proses untuk membuat dan meningkatkan jumlah dan kualitas inbound link,
yaitu link yang mengarah ke suatu halaman blog/website.
Mengapa
dilakukan proses itu? Karena semakin tingi jumlah dan kualitas link yang
mengarah ke suatu halaman blog/website, semakin tinggi pula popularitas dan
visibilitasnya. Dalam kaitannya dengan SEO, ranking suatu halaman dapat
meningkat seiring dengan meningkatnya popularitas dan visibilitas tersebut.
Artikel baru dari suatu blog yang telah populer di mata search engine juga akan
cepat terindeks dan cepat memiliki SERP yang baik.
Oke sebelum
pembahasan mengenai link building diarahkan lebih jauh, kita pahami dulu apa
itu sebenarnya "link". Link adalah connector (penghubung) antara dua
halaman web, baik dari suatu halaman utama (homepage) maupun dari suatu sub
halaman ke sub halaman yang lainnya (post/article page). Link merupakan bagian
dari navigasi website yang tidak dapat dipisahkan. Link yang demikian disebut
sebagai internal link.
Lalu, ada pula
external link, yaitu link suatu halaman website yang berada di halaman website
yang lain, atau sebaliknya. Sebagai contoh, ketika anda mensubmit artikel ke
situs direktori artikel dan mencantumkan link artikel website/blog anda, maka
terdapat koneksi yang terhubung dari halaman direktori ke halaman artikel anda
melalui link tersebut.
Dengan
demikian, telah jelas bahwa link building juga berarti membangun link baik
secara internal (internal linking) maupun secara eksternal (external
linking).
Internal linking
berarti membangun navigasi untuk suatu webiste/blog di dalam website/blog itu
sendiri. Semakin baik internal linking, semakin baik pula navigasinya bagi
pengunjung maupun di mata search engine. Logikanya, pengunjung dapat dengan
mudah mencari artikel yang diinginkan dan berkaitan. Reference (referensi) dari
suatu halaman ke halaman yang lain menunjukkan adanya keterkaitan suatu isi
satu sama lain. Selain itu, search engine dapat dengan mudah memetakan
link-link yang ada di dalam website/blog.
Eksternal
linking adalah usaha untuk membangun reference dari suatu blog/website lain
melalui link yang mengarah ke blog/website tertentu. Adanya reference ini
menunjukkan bahwa isi suatu halaman website/blog itu penting di mata
website/blog lain. So, semakin banyak dan berkualitas eksternal link yang
mengarah, semakin penting pula halaman blog/website tersebut. Search engine
kemudian melihatnya sebagai popularitas dan visibilitas suatu halaman
website/blog, oleh karena itu dia lalu menaikkan ranking-nya di dalam halaman
search engine (SERP). Kemudian, karena link halaman tersebut direferensikan
oleh banyak blog/website yang juga memiliki nilai penting dan memiliki
keterkaitan yang baik di mata search engine (berkualitas), maka search engine
(Google) menghadiahi halaman tersebut dengan PageRank. :)
Nah, disini
berarti kita sudah sampai pada SEO (Search Engine Optimization) dan cukup
beralasan sudah mengapa link building itu penting. So, bagaimana melakukan
proses link building yang baik bagi SEO? Dari apa yang telah sedikit dibahas di atas, kita ketahui bahwa syarat
link yang baik harus memenuhi beberapa kriteria dan tidak hanya bergantung dari
jumlahnya namun juga kualitasnya, yaitu bersumber dari website/blog yang credible
(bisa diartikan sebagai blog/website yang ber-PageRank lebih tinggi), berkaitan
(memiliki topik/tema yang sama), dan mengandung anchor text yang sesuai.
Berikut tips
untuk melakukan link building yang baik:
A. Internal
linking:
1. Buat
navigasi-navigasi yang mengandung link-link blog dan mempermudah visitor.
2. Tanamkan
link suatu halaman posting lain di dalam posting tertentu sesuai dengan anchor
text dan keyword yang berkaitan. Ini juga memudahkan visitor untuk memahami
suatu hal yang tidak dijelaskan di satu halaman posting blog namun dijelaskan
di halaman yang lainnya.
3. Hindari link
ke dalam halaman blog lain yang menggunakan redirect link, karena search engine
tidak memperhitungkan redirect link. Itulah mengapa saya tidak terlalu banyak
menggunakan widget yang menggunakan redirect link. Satu dua widget sih tidak
masalah, tapi jangan semuanya. Widget-widget eksternal biasanya menggunakan
javascript yang melakukan generating feed dari yahoo pipes, RSS/atom feed,
ajax, dan lain-lain yang menghasilkan redirect links.
B. Eksternal
linking:
Eksternal
linking dapat dilakukan dengan banyak cara, ekstrimnya hingga pada jual beli
link (buy sell links), spam dan lain-lain. Namun saya tidak akan mengetengahkan
cara-cara tersebut disini. Selain karena tidak pernah dan tidak memiliki
pengalaman tentang cara-cara tersebut, Google juga sudah memberikan warning-nya
dalam Guidelines Google mengenai Quality Content. So, disini kita akan belajar
mengenai link building secara natural di dalam organic SEO
Yang harus
dipahami terlebih dahulu adalah mengenai link yang berlabel dofollow dan
nofollow. Link yang mengandung "rel=nofollow", akan diabaikan sebagai
reference yang berkualitas oleh Google, meskipun masih terhitung sebagai
backlink. Tag tersebut digunakan karena banyaknya web spam yang diindeks oleh
Google dan merugikan banyak website lain yang berkualitas namun kalah dalam
SEO. Sedangkan Yahoo dan beberapa search engine lain tidak memperhatikan ini.
Itulah mengapa kita dapat dengan mudah mendapakan puluhan ribu backlink Yahoo,
sedangkan untuk mendapatkan 1 backlink saja dari Google susahnya setengah mati.
Selain itu, Google juga memperhatikan kualitas dan keterkaitan anchor text dari
website/blog lain yang memberikan backlink.
So, berikut
langkah-langkah dasar untuk membangun eksternal link:
1. Submit blog
ke direktori dan social bookmark. Prioritaskan direktori dan social bookmark
yang dofollow.
2. Blogwalking
memang ampuh sebagai sarana untuk membangun link. Berkomentarlah dengan
meninggalkan link yang ingin anda maksimalkan dan isi nama komentator dengan
anchor text yang ingin dioptimalkan. Sekali lagi, untuk backlink Google,
prioritaskan pada blog-blog dengan comment dofollow.
3. Pastikan
memiliki artikel yang original dan bukan contekan sehingga anda bisa
mendapatkan linkback dari website/blog lain yang mereferensi atau meng-copy
artikel blog anda. Jika ada yang copy-paste tanpa linkback/link sumber,
pastikan untuk memintanya. Itulah mengapa saya sangat menekankan adanya link
sumber pada artikel saya yang di-copas, ini demi kebaikan bersama. Karena
sekali Google mengetahui sebuah artikel adalah contekan, maka dia akan
menurunkan ranking SERP-nya serendah mungkin, atau bahkan menghapus dari indeks
hasil pencarian.
4. Perhatikan
benar-benar penggunaan anchor text pada link (hyperlink) yang ditinggalkan
sesuai dengan target keyword yang ingin dioptimalkan di search engine, misalnya
pada blog ini saya menggunakan "tips-tricks blogger" sebagai keyword
yang sedang dioptimalkan.
6. Link
eksternal juga termasuk link-link dari dalam blog yang mengarah ke website/blog
lain. Memberikan link back kepada situs-situs dengan kredibilitas dan rank yang
baik juga dapat memberikan nilai tambah di mata search engine. Hindari memberi
link pada situs-situs yang memiliki kredibilitas buruk, misalnya web spammer,
auto content, agregator, search engine blog, blog yang tidak memiliki original
content, dan situs-situs sampah lainnya
karena ini dapat menurunkan pouplaritas suatu web/blog. Kita tidak dapat
mengontrol siapa yang memberikan backlink ke blog/website kita, tapi kita dapat
mengontrol dan memperhatikan siapa yang kita beri backlink.
7. Untuk
blog-blog baru, optimalkan terlebih dahulu link halaman utama (homepage) untuk
memperkuat otoritas dan popularitasnya.
Selain cara-cara
di atas, anda dapat membangun link dengan misalnya menjadi guess blogger
(sebagai penulis tamu di blog lain), namun untuk mengawalinya, saya lebih
menekankan pada cara-cara tersebut di atas. Merawat blog tidak hanya dengan
menghabiskan waktu bersama blog saja tanpa "berkelana" ke dunia luar,
karena banyak pelajaran dan manfaat yang bisa diambil termasuk dalam usaha
meningkatkan SEO blog melalui link building.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar